Pelatihan Film Editing

Minggu, 25 Oktober 2015 diadakan pelatihan Film Editing di Laboratorium Multimeda FIT Tel-U. Pelatihan ini diisi oleh Kang Augie yang merupakan Editor Professional. Beliau telah memiliki banyak jam terbang di dunia Film Editing. Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama dengan LSM Itsar, dan ITSAR Studio.

 

Film Editing untuk Kemajuan Peradaban

Karena sedikitnya video dan film pendek yang ada di Youtube yang mengajak kepada kebaikan, menjadi latar belakang kenapa diadakannya pelatihan ini. Diharapkan pengetahuan di bidang film editing dapat memotivasi peserta untuk membuat karya yang mengajak kepada kebaikan.

 

Siapa pesertanya?

Kegiatan ini diikuti oleh kalangan yang heterogen. Ada siswa SMP, SMA, bahkan ada juga yang sudah kuliah. Sasaran kegiatan ini adalah siapa saja mereka yang memiliki minat di bidang film editing.

Laboratorium Multimedia bekerjasama dengan ITSAR Studio untuk menghimpun pesertanya. ITSAR sendiri telah memiliki jaringan koneksi ke berbagai kota di Jawa. Hal ini dibuktikan dengan peserta yang hadir dari Sukabumi dan Malang.

Apa yang dipelajari?

Diawal pelatihan ini, peserta diajak untuk mengenal dunia editing film sebagai dasar teorinya. Mulai dari resolusi, warna, gambar, pewarnaan dan sedikit teknik shot. Hal ini dibutuhkan sebagai perkenalan agar peserta mengerti dasar-dasar editing, sehingga peserta tidak lagi canggung dalam melakukan editing.

Selanjutnya peserta diarahkan untuk langsung praktek menggunakan software. Disana peserta langsung diarahkan untuk bisa memotong video, menyatukan video dan melakukan pewarnaan untuk memberikan kesan dalam video.

Davinci Resolve

Aplikasi yang digunakan adalah Davinci Resolve buatan Blackmagic Design. Aplikasi tersebut gratis sehingga dapat dibawa pulang oleh peserta. Tujuannya agar peserta dapat mengaplikasikan yang sudah dipelajari di lingkungan masing-masing.

Berjenjang

Pelatihan ini rencananya akan dibuat berjenjang. Maksudnya ada tahap lanjut dari pelatihannya. Pelatihan hari ini dijadikan tahap 1 untuk kemampuan peserta. Nantinya, peserta yang lulus tahap 1 boleh untuk mengupgrade pengetahuannya di tahap selanjutnya dengan materi yang lebih lanjut.

Leave a reply