19th Ave New York, NY 95822, USA
+1 916-875-2235
+1 916-875-2235

Introducing (Big Surprise) Intel NUC 4th Gen

Pekan ini Lab Multimedia Fakultas Ilmu Terapan, mendapatkan lagi kiriman hadiah dari kompetisi Intel Realsense 2014. Ini adalah kejutan kedua, setelah 3 pekan sebelumnya mendapatkan hadiah 3D Camera Intel Realsense. Hadiah kali ini didapatkan oleh Tim dari Lab Multimedia FIT, setelah berhasil mengirimkan Ide dengan penilaian berada di 250 Top Scoring Demos di Tahap 1. Hadiahnya adalah Intel Haswell NUC Device (Next Unit of Computing). Ini perangkat yang mirip dengan mini Mac, semacam PC dengan ukuran kecil namun mampu melakukan pemrosesan yang handal, merupakan generasi masa depan dari PC. Dan kali ini kita akan coba melakukan review singkat, termasuk hasil unboxing dari Intel NUC core i-5, 4th Generation.

unboxing2

Kesan unik langsung kita akan rasakan ketika mendapati Box NUC device ini. Ukurannya yang kecil, namun bobot nya lumayan berat. Dan yang paling mengesankan adalah ketika kotaknya dibuka, lansung terdengar suara khas dari Intel. Saya sempat terkejut, karena belum pernah ada kotak alat elektronik yang mengeluarkan suara (satahu saya). Ternyata (sakin isengnya pihak intel) dibagian cover box nya terpasang sensor, yang kalau terkena gerakan akan mengaktifkan suara, dengan nada khas Intel. Tapi kesan box yang elegant dan unik bersuara ini benar-benar memunculkan kesan bahwa ini barang mewah.

Intel NUC ini, memang mirip dengan fungsi PC pada umumnya, yang membedakan hanya ukurannya saja yang kecil. Saya bahkan jadi berfikir ini tidak jauh beda dengan PC build in yang ada di monitor. Berikut spesifikasi dari Intel NUC D54250WYKH yang berhasil kami dapatkan,

  • 4th generation Intel® Core™ i5 processor (1.3/1.9 GHz, up to 2.6GHz)
  • Memory DDR3, 4GB
  • HDD 320 GB (Blue )
  • Include Integrated Graphical Intel
  • Graphic Output mini HDMI, or mini DP 1.2
  • Chassis size for 2.5 HDD or SSD
  • WiFi & Bluetooth
  • Headphone & Microphone jack (3.5)
  • USB3 (4 port)
  • etc

Lumayan kah? walaupun secara teknis spesifikasinya masih dibawah Laptop ato PC canggih saat ini, tapi NUC ini benar-benar awesome! Didalamnya juga sudah terpasang Windows 8.1 Pro, sebagai OS bawaan. Selain itu dilengkapi juga dengan berbagai fitur Advance Technology dari Intel (lihat tampilan belakang box).

IMG_2229_small
Hasil rakitan Intel NUC
DSC_0245_small
Spesifikasi Advance Technologi Intel

Untuk bisa memainkan Intel NUC ini, kita masih perlu menambahkan Monitor (dengan port DP1.2 atau mini HDMI), keyboard, mouse dan colokan listrik. Karena baru pertama kali mencoba, maka performance mini PC ini cukup baik, boot loader Windows 8.1 dapat dilalui dengan mulus tanpa lemot. Tapi sayangnya masih harus melakukan aktivasi untuk Win 8 nya.

IMG_2250_small
Spesifikasi yang lumayan
IMG_2251_small
ready to intel realsense project

Kalau kita boleh berkhayal sedikit, sepertinya Intel NUC device ini cocok jika dipasang dibelakang Big Screen LCD/LED. Kemudian dikombinasikan dengan 3D Camera Realsense, dan tentunya aplikasi Interkatif atau Games. Semoga kita bisa mewujudkan impian itu, waktunya tinggal 1 bulan lagi.

Iseng, kita coba untuk pasang dual-screen. kita coba pasang di port mini DP1.2 dan satunya lagi di port mini HDMI. untuk mini HDMI, bisa sekaligus untuk Graphic dan Audio, seperti HDMI pada umumnya, dan tergantung dari LED/LCD yang kita gunakan.

IMG_3257_small
Dual Screen + Intel NUC
IMG_3259_small
Ready to Play Realsense SDK

Pada artikel berikutnya, kami akan coba bahas review hasil pengunaan Intel Realsense untuk mendukung aplikasi Interaktif, tentunya dengan menggunakan Intel NUC ini. OK, tetap semangat, dan terus berkarya!!

Leave a reply